Selasa, tanggal 26 Oktober 2021 Rumah Sakit Unhas dan Klinik Nyiur Banggai Husada menandatangani Perjanjian Kerjasama Pembacan Hasil Pemeriksaan Pasien Melalui Telemedicine. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Utama RS Unhas, Ibu Dr. dr. Siti Maisuri Tadjuddin Chalid, Sp.OG (K), Direktur Pelayanan Penunjang, Sarana Medis dan Kerjasama dr.Nur Surya Wirawan,M.Kes, Sp.An, KMN, FIPM, dan juga Dr.dr.Hj. A. Indahwaty A.Sidin, MHSM. selaku Direktur Keuangan, SDM dan Administrasi Umum.

Selain itu mewakili Klinik Nyiur Hadir Bapak Faisal B. Thatjo,SH.,MM selaku Direktur Utama Klinik. Acara ini berlangsung diruang rapat direksi RS Unhas secara onsite dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Plt Dirut RS Unhas mengatakan hal ini merupakan bentuk kerjasama telemedicine yang pertama, dimana klinik nyiur akan mengirimkan hasil pemeriksaan Rontogen, EKG, Treadmill, USG, Audiometri, Spirometri dan Hasil pemeriksaan Swab – PCR, dan para dokter spesialis RS Unhas yang akan membaca hasil pemeriksaannya.

Kerjasama ini disahkan untuk satu tahun kedepan, dan diharapkan dengan adanya pemeriksaan ini pasien mendapatkan kemudahan dalam mengakses hasil pelayanan kesehatan, hal ini pasti lebih efisien karena tidak terbatas jarak dan waktu.

Lebih jauh dijelaskan oleh Dr.dr. Idar Mappangara, Sp.PD,Sp.JP (K), FIHA, FINASIM,FICA sebagai Kordinator Telemedicine RS Unhas bahwa program Telemedicine merupakan layanan kesehatan berbasis teknologi informasi yang dapat menjadi salah satu alternatif solusi atas tidak meratanya sebaran tenaga kesehatan, masalah geografis  dan kurangnya fasilitas kesehatan dibeberapa wilayah tertentu. kedepannya telemedicine akan terus dirancang dalam mendampingi kebutuhan dan pelayanan kesehatan pasien di Kota dan di Desa

Sebagai Rumah Sakit yang memiliki Visi Menjadi pelopor terpercaya dalam mengintegrasikan Pendidikan, Penelitian, dan Pemeliharaan Kesehatan yang bertaraf Internasional. Program Telemedicine ini adalah program inovasi yang akan terus dikembangkan RS Unhas

Humas RS Unhas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *