Makassar, 18 Juli 2024 – Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin (RSP Unhas) dengan bangga mengumumkan pencapaian dalam pemanfaatan antrian online bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Berdasarkan data yang dihimpun hingga tanggal 16 Juli 2024, RSP Unhas berhasil melampaui target pemanfaatan antrian online dengan capaian > 95%.
Capaian ini sejalan dengan penilaian indikator Class of IX dan target antrian online semester I tahun 2024 yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. RSP Unhas juga mencatatkan pemanfaatan antrian melalui Mobile JKN sebesar lebih dari 50%, sesuai dengan target yang telah ditentukan.
Prof. dr. Andi Muhammad Ichsan, Ph.D.,Sp.M (K) Direktur Utama RSP Unhas, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dalam mencapai target ini. “Keberhasilan ini adalah hasil dari kerjasama dan dedikasi seluruh staf RSP Unhas dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pasien. Kami juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah memberikan arahan dan dukungan dalam implementasi antrian online,” ujar Prof.Ichsan
RSP Unhas termasuk salah satu dari 10 rumah sakit di Sulawesi Selatan yang berhasil mencapai pemanfaatan antrian online lebih dari 95%, dari total 60 rumah sakit. Dengan capaian sebesar 97,38%, RSP Unhas berada di peringkat keempat di antara rumah sakit-rumah sakit tersebut.
Untuk mencapai hal ini UPLPP RSP Unhas melakukan edukasi secara terus-menerus kepada pasien mengenai pentingnya pemanfaatan antrian online untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan dalam mendapatkan pelayanan Kesehatan di RSP Unhas. Penggunaan antrian online memberikan banyak manfaat bagi pasien, termasuk mengurangi waktu tunggu di rumah sakit, memastikan alur pelayanan yang lebih teratur, dan meminimalkan risiko penularan penyakit di ruang tunggu yang ramai. Dengan antrian online, pasien dapat mengatur jadwal kunjungan mereka dengan lebih fleksibel dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih cepat dan efisien.
Sebagai langkah lanjutan, RSP Unhas berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung program JKN. “Kami berharap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh FKRTL lain untuk terus meningkatkan pemanfaatan antrian online demi kenyamanan dan kepuasan pasien,” tambah Prof. Ichsan
Dengan pencapaian ini, RSP Unhas membuktikan komitmennya dalam mendukung program JKN dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.