Visi

Visi ini ditetapkan pada rapat dengan dewan pengawas yang terdiri dari Rektor Unhas dan Dekan Fakultas Kedokteran Unhas serta para tim manajemen RS Unhas. Visi RS Universitas Hasanuddin yaitu :


Visi

”Menjadi pelopor terpercaya dalam memadukan Pendidikan, Penelitian dan Pemeliharaan kesehatan yang bertaraf internasional”.

Arti Visi

Visi ini perlu ditanamkan pada setiap unsur organisasi sehingga menjadi visi bersama (Shared Vision) yang mampu mengarahkan serta menggerakkan segala sumber daya. Visi tersebut memberikan gambaran yang jelas bahwa visi dari Rumah Sakit Universitas hasanuddin tidak hanya focus kepada Kuratif, melainkan juga memadukan Tridarma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bentuk pemeliharaan kesehatan, selain itu juga berorientasi pada pencegahan dan promotif, mengingat bahwab Rumah Sakit Universitas hasanuddin adalah sebagai Rumah Sakit Pendidikan.

Misi

Untuk mencapai Visi Rumah Sakit Universitas Hasanuddin menyusun Misi sebagai berikut :

1) Menciptakan tenaga profesional yang berstandard international dalam pendidikan, penelitian dan pemeliharaan kesehatan.

Maksud tenaga profesional adalah tenaga yang mempunyai pengetahuan teoritis yang ekstensif dan memiliki keterampilan yang berdasar pada pengetahuan tersebut dan menerapkannya dalam tindakan profesi (praktek), yang dibuktikan dengan memiliki sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Maksud berstandar internasional adalah baha rumah sakit telah melaksanakan standar pelayanan sesuai dengan standar input, proses/outcome pelayanan yang berlaku secara internasional, hal ini dikukuhkan dalam pengakuan dalam bentuk terakreditasi.

Maksud pemeliharaan kesehatan adalah suatu proses yang berhubungan dengan pencegahan,perawatan dan manajemen penyakit dan juga promosi kesehatan meliputi kemakmuran fisik, mental dan spiritual melalui pelayanan yang ditawarkan oleh profesional kedokteran

2) Menciptakan lingkungan akademik yang optimal untuk mendukung pendidikan, penelitian dan pemeliharaan kesehatan

Maksud lingkungan akademik yang optimal adalah terciptanyua suasana budaya, keilmuan, dan kecendiakawanan (akademik) yang sinergis diantara seluruh komponen yang ada, yaitu; mahasiswa, dosen, maupun komponen lain yang terkait.

3) Mempelopori inovasi pemeliharaan kesehatan melalui penelitian yang unggul dan perbaikan mutu yang berkesinambungan.

Maksud mempelopori inovasi adalah sebagai inisiator (pencetus ide) dalam hal proses hasil pengembangan dan atau pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan dan keterampilan (termasuk keterampilan teknologi dan pengalamanan untuk menciptakan produk barang dan jasa). Inovasi juga diartikan sebagai suatu penciptaan system yang baru serta kreatif yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan yang memberikan perbaikan dalam peningkatan mutu.

4) Memberikan pemeliharaan kesehatan secara terpadu dengan pendidikan, penelitian yang berstandard international tanpa melupakan fungsi sosial.

Maksud pemeliharaan kesehatan adalah suatu proses yang berhubungan dengan pencegahan, perawatan dan manajemen penyakit dan juga promosi kesehatan meliputi kemakmuran fisik, mental dan spiritual pasien.

5) Mengembangkan jejaring dengan institusi lain baik regional maupun international.

Maksud dari jejaring dengan institusi lain adalah bahwa jaringan kerja sama secara mutualisme dengan fakultas lain dan rumah sakit lain dalam mendukung pelaksanaan operasional rumah sakit.

.