Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit Unhas (IPSRS) bertugas melakukan pemeliharaan dan perbaikan sarana rumah sakit baik medik (alat kesehatan) maupun non medik (sistem utility dan lain-lain) agar fasilitas yang menunjang pelayanan kesehatan di rumah sakit Unhas selalu berada dalam keadaan layak pakai guna dan dapat difungsikan dengan baik dan menjamin usia pakai lebih lama. Kegiatan IPSRS Unhas meliputi :

Pemeliharaan Peralatan

Pemeliharaan preventif atau pencegahan adalah kegiatan   pemeliharaan berupa perawatan dengan membersihkan alat yang dilaksanakan setiap hari oleh operator dan kegiatan penyetelan, pelumasan serta penggantian bahan pemeliharaan yang dilaksanakan oleh teknisi secara berkala. Pemeliharaan preventif bertujuan guna memperkecil kemungkinan terjadinya kerusakan. Pemeliharaan preventif yang dilakukan yaitu pemeliharaan rutin dan pemeliharaan periodik.

Perbaikan Peralatan Medik Dan Non Medik (Troubleshooting)

Kegiatan yang bersifat perbaikan terhadap peralatan yang mengalami kerusakan dengan atau tanpa penggantian suku cadang. Hal dimaksudkan untuk mengembalikan kondisi peralatan yang rusak ke kondisi siap operasional, laik pakai dan dapat difungsikan dengan baik. Perbaikan yang dilakukan yaitu perbaikan langsung da breakdown maintenance.