Fisioterapi dan Rehabilitasi


Fisioterapi dan rehabilitasi medic merupakan pusat layanan terpadu dan menerapkan praktek bebrbasis bukti (evidence based) dengan dukungan tenaga ahli dan terapis serta peralatan fisioterapis dan rehabilitasi medik.

Pelayanan rehabilitasi Medik dan Fisioterapi terdiri dari konsultasi dokter Rehabilitasi medic dan layanan fisioterapi. Pelayanan Fisioterapi dititikberatkan pada tindakan terapi fisik dan terapi exercise seperti penguatan otot, pelenturan otot dan koordinasi tubuh. Banyak penyakit yang penyembuhannya dapat dibantu dengan tindakan fisioterapi diantarnya adalah :

  • Pasca Tindakan Bedah/Operasi : Program rehabilitasi pada pasien pasca bedah bertujuan untuk mencegah kelemahan otot dan kekakuan sendi,mencegah kelemahan umum,mencegah terjadinya infeksi pada paru karena tirah baring lama
  • Masalah Saluran Pernafasan dan Otot Pernafasan : Pasa pasien dengan tirah baring lama disamping dapat timbul infeksi paru akan terjadi pula kelemahan otot pernafasan sehingga fungsi pernafasan terganggu.Dalam program rehabilitasi pasien bertujuan untuk mengeluarkan lendir yang berlebih dari saluran nafas atau memudahkan pasien dalam mengeluarkan lender dan memberikan latihan untuk memperbaiki fungsi otot pernafasan
  • Gangguan Pertumbuhan & Perkembangan Anak : Banyak penyebab gangguan pada saat ibu hamil,masa kehamilan hingga perkembangan bayi sendiri setelah lahir.Program rehabilitasi sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya keterlambatan duduk/berdiri,keterlambatan jalan dan lumpuh pada ank.
  • Infeksi dan peradangan : Gangguan pertumbuhan pada tulang & sendi Kelainan bentuk sendi lutut (Varus,Valgus),kelainan pada sendi kaki (CTEV,Flat foot)dan kelainan tulang belakang (scoliosis) dapat dilakukan program rehabilitasi dengan cara latihan fisik,
  • Nyeri Otot dan nyeri sendi : Berbagai ungkapan sering kita dengar,seperti nyeri, ngilu, linu, encok maupun pagal-pegal hal ini disebabkan adanya cedera pada otot, peradangan sendi dan rematik.
  • Kaku Otot & kaku sendi : Program rehabilitasi kesehatan ini mampu mencegah terjadinya kelainan pada otat pada masa pertumbuhan anak,mencegah gangguan pada dan mencegah penyakit degenerative/pengapuran.
  • Kelemahan & Kelumpuhan otot Kelumpuhan lengan pada bayi baru lahir,kelumpuhan otot wajah,lumpuh separuh badanmaupun kelumpuhan pada lengan atau tungkai,hal ini dapat dicegah melalui program rehabilitasi kesehatan.
  • Rehabilitasi Preventif : Dalam hal ini fisioterapi lebih mengutamakan latihan fisik baik berupa latihan penguatan otot,pelenturan otot dan sendi,termasuk juga latihan aerobic endurans jantung-paru