Fertility Endocrine Reproductive Center (Pusat kesehatan reproduksi)



Pelayanan fertilitas (bayi tabung) sebagai salah satu pelayanan unggulan RS Universitas Hasanuddin melayani Bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF) termasuk tindakan dalam Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) selain Inseminasi Intrauterus (IIU) untuk membantu pasangan suami isteri yang mengalami masalah gangguan kesuburan (infertilitas) atau ingin memiliki anak. Dasar hukum pelaksanaan TRB di Indonesia : PERMENKES NOMOR 039/Menkes/SK/I/2010. Berdasarkan Pedoman Teknis Sarana dan Prasarana Rumah Sakit Kelas B (halaman 10) dapat memiliki 8 klinik spesialistik termasuk Klinik Fertilisasi dan dipilih 2 dari subspesialistik salah satu adalah klinik Kebidanan dan Penyakit Kandungan (antara lain klinik subspesialis infertilitas, onkologi kebidanan, fetomaternal, endokrin, dll) dan RS Universitas Hasanuddin sebagai rumah sakit kelas B dapat menunjang pelayanan fertilitas hanya pada sampai pengobatan medis dan Inseminasi Intrauterus (IIU) sedang untuk tahap bayi tabung masih terdapat beberapa penunjang yang belum ada (sarana dan SDM) dan dibutuhkan dalam mendapatkan izin operasional resmi dari Menteri Kesehatan sebagai klinik bayi tabung/IVF.

Untuk memanfaatkan fasilitas tersebut dan sebagai tahap awal pelaksanaan pelayanan fertilitas maka direncanakan untuk membuka pelayanan fertilitas sesuai dengan sumber daya yang tersedia.

  • Pelayanan Utama : konsultasi, USG, follickle tracking, induksi ovulasi, inseminasi intra uterus
  • Pelayanan tambahan* : Pap-smear, HSG/SIS, laparoskopi, pemeriksaan hormonal (*Dirujuk ke bagian lain atau dilakukan dalam RSUH)
Pelayanan Laboratorium yang dapat dikerjakan di bagian FER adalah analisa sperma, Preparasi sperma (dengan atau tanpa IIU).